DAFTAR ISI: tentang saya | being moderat | project5 | galeri | simple view | tanJabok.com

MAN BEHIND ME: muhammad, syekh abbas, afa, tan malaka, m.hatta, m.natsir, dt.ribandang-dt.ketemanggungan, umar bin khatab, ali bin abi thalib, etc...

as MINANG's: it isnt about narsism, every man shouldnt forget who they really are... if they do, they just burried their identity, let this be our opportunities/potentials, not threats... a half man dont know where they stand on...

01 November 2007

manusia dual core

Benarlah tesis Friedrich Engels "The Principles of Communism", model pembagian kerja akan sepenuhnya lenyap, ketika model pembagian kerja (yang sederhana) akan tergantikan oleh mesin, pendidikan akan memungkinkan anak muda sejak dini telah akrab dengan keseluruhan sistem produksi dan sanggup berpindah-pindah dari satu cabang produksi ke cabang produksi lainnya, mengikuti apa yang dibutuhkan masyarakat (disadur dari agama itu bukan candu, Eko P. Darmawan)

Manusia Dual Core layaknya sistem operasi yang mampu melakukan banyak kerja secara bersamaan.

Tengoklah disekitar kita, bahkan diri kita sendiri, kompleksitas yang dituntut oleh keadaan sebenarnya dibuat oleh manusia sendiri.

Merasa tersaingi oleh mesin yang dibuat oleh manusia sendiri.

Bila Engels benar, maka satu-satunya cara untuk menyaingi dominasi mesin adalah dengan cara pendidikan, sejak dini anak muda mengenal sistem produksi secara keseluruhan.

Keterbatasan kinerja mesin berada pada tingkat logika kerja yang dilakukan, dimana human brain mampu melakukan kinerja dengan tingkat logika berlapis.

Akan tetapi ketika pendidikan menjadi sebuah keterbatasan, menjadi sebuah kendala, maka petaka dari tesis Engels adalah, dimana manusia akan tetap ada yang diatas dan yang lainnya ada dibawah, atau ada yang jadi pemilik modal dan ada yang menjadi pekerja.

Dan dengan tingkat pendidikan Indonesia yang masih seperti ini, maka bisa diasumsikan mayoritas SDM Indonesia masih berada tingkatan pekerja.

Hanya satu untuk memperbaiki keadaan, PENDIDIKAN.

No comments:

Recommended