DAFTAR ISI: tentang saya | being moderat | project5 | galeri | simple view | tanJabok.com

MAN BEHIND ME: muhammad, syekh abbas, afa, tan malaka, m.hatta, m.natsir, dt.ribandang-dt.ketemanggungan, umar bin khatab, ali bin abi thalib, etc...

as MINANG's: it isnt about narsism, every man shouldnt forget who they really are... if they do, they just burried their identity, let this be our opportunities/potentials, not threats... a half man dont know where they stand on...

19 November 2007

Biasa pun keren

Apakah dompet anda terbuat dari bangkai??
Sedikit cerita...

Waktu itu saya lagi "high mode" (ngebet/pengen banget/ingin sangat) beli sepatu bola, dan saat itu lagi tren juga futsal/street football, sepakbola dengan 5 orang pemain.

Tergiurlah saya membeli sepatu bola keren merek global (kelme -off record-) yang terbuat dari kulit kangguru dan merek lokal (specs -off record-) yang terbuat dari kulit juga (gak tahu kulit apa).

Dah surving sana surving sini, masuk toko sana toko sini, dan akhirnya timbullah minat ke dua merek itu.

Lalu sejenak saya singgah di penjual buku, ada sebuah buku berjudul "Fiqh Ekonomi Umar", dan saya pun tertarik membelinya, menimbang2 kemudian memutuskan mengorbankan alokasi untuk sepatu pun akhirnya saya beli buku itu, lumayan cukup mahal yang akhirnya membuat saya harus menuju "cinta produk lokal". ^^

Dan urunglah niat saya membeli sepatu pada hari itu, karena berhubung buku yang tebal, + 800 hal, akhirnya saya pulang kerumah untuk meletakkan yang akhirnya membuai saya untuk membaca buku itu.

Satu kata untuk buku itu "awesome"... ^^

Kemudian ada satu bab yang membahas tentang penjualan barang kulit, ada satu statement yang membuat saya kaget "apakah binatang yang kulit-nya kita pakai telah disembelih dengan bismillah? jika tidak maka bangkailah yang kita kenakan (umar)". Nah lho!!

Karena ragu berdiskusilah saya dengan seorang kawan, dia berkata berarti alas kaki kulit yang dipakai sahabat adalah bangkai. Dan membuat saya "iya juga".

Sampai malam ini saya menulis ini saya baru terfikir, pada masa jahiliyyah, dan arab saat zaman nabi, manusia menyembelih juga menyebut bismillah, dan yang membuat mereka syirik (menyekutukan) adalah menambah2 tuhan. Atau mereka kafir, tidak mengakui adanya tuhan. (bahas ini dilain kesempatan aja). Yang artinya timbul pula keraguan, apa dompet yang saya gunakan ini adalah bangkai?? hmmm...

Aha!!

Berarti bulatlah tekad saya, saya beli sepatu bola yang modis tapi yang biasa2 saja, tak mahal, tak kulit, dan biasa. ^^

Ngeri saya dengan bangkai... Lebih baik biasa...

5 comments:

Unknown said...

Emangnya gak boleh ya di pake ???, aku pikir kalau untuk dimakan aja

Anonymous said...

halal haram itu khan g terbatas di urusan makan memakan ajha, tapi dalam semua segi kehidupan.. kayak nyium peluk, ada yg halal ada juga yg enggak buat di cium or dipeluk..
so kalo namanya barang haram (apalagi karena dzatnya) mo dimakankek, dipajang kek, di jual kek, sekali haram tetep haram =D

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

@ztaqin:

Betul, tapi apa "mengenakan" bangkai itu haram? :D Itu kan yang dipertanyakan nn..?

Misalnya babi, haram dimakan. Tapi apa haram disentuh? Setahu saya tidak. Hanya saja, kalau kita sentuh, itu najis sehingga harus disucikan dengan cara tertentu. Atau saya keliru? :)

abie... said...

nah itu dia yang saya maksud (sesuai dengan ar!ef), gak haram klo dipakai, cuma konsekuensinya ya itu jadi najis... jadi harus serba hati2 klo mau beribadah, jangan pegang2 gasper (ikat pinggang) klo mau beribadah, jangan pegang2 dompet, etc...

Recommended