DAFTAR ISI: tentang saya | being moderat | project5 | galeri | simple view | tanJabok.com

MAN BEHIND ME: muhammad, syekh abbas, afa, tan malaka, m.hatta, m.natsir, dt.ribandang-dt.ketemanggungan, umar bin khatab, ali bin abi thalib, etc...

as MINANG's: it isnt about narsism, every man shouldnt forget who they really are... if they do, they just burried their identity, let this be our opportunities/potentials, not threats... a half man dont know where they stand on...

28 November 2007

antitesis "mekanisme pasar"

saya berpikir tentang mekanisme pasar, dalam postingan sebelumnya...

lalu tempo hari saya bertemu dengan seorang kawan yang menyampaikan "pernah nonton beautiful mind??" John Nash (yg schizo, diperankan Russell Crowe), sebenarnya mekanisme pasar sangat dipengaruhi oleh nilai ekstrinsik dari suatu barang, dan saya berpikir jikalau saat adam smith mengeluarkan tesis itu pasar dikuasai oleh para pemilik modal/tuan tanah, dimana prestige memiliki peranan tersendiri.

atas dasar prestige itu, harga sebuah arang pun (nilai ekstern) bisa menjadi mahal, jikalau mengisi ruang dari prestige itu sendiri.

jikalau ini yang memang terjadi, artinya pasar dewasa ini terhipnotis oleh teori tersebut, artinya teori tersebut dijadikan "fakta" oleh beberapa pihak tertentu, yang menjadikan mekanisme pasar seolah-olah terjadi.

bagaimana mungkin??

dengan perkembangan dewasa ini, seharusnya mekanisme pasar tak harus berdasarkan permintaan, karena dewasa ini pasar di dikte oleh produksi. tengok harga kendaraan, apakah berkaitan dengan permintaan? produsen menetapkan harga bagi suatu produk, dan mekanisme pasar tidak berjalan.

bagaimana?

No comments:

Recommended