DAFTAR ISI: tentang saya | being moderat | project5 | galeri | simple view | tanJabok.com

MAN BEHIND ME: muhammad, syekh abbas, afa, tan malaka, m.hatta, m.natsir, dt.ribandang-dt.ketemanggungan, umar bin khatab, ali bin abi thalib, etc...

as MINANG's: it isnt about narsism, every man shouldnt forget who they really are... if they do, they just burried their identity, let this be our opportunities/potentials, not threats... a half man dont know where they stand on...

13 November 2007

Konstruktor, Developer & Runner

Jikalau di definisikan mungkin banyak orang sudah paham, konstruktor identik dengan founder, orang yang membangun sesuatu, dan bisa jadi membangunnya dari awal, ataupun membangunnya dari setengah dan menjadi utuh.

Developer adalah seorang pengembang. Bila disimulasikan dengan intensifikasi dan ekstensifikasi, maka konstruktor adalah yang melakukan pembangunan dengan cara intensifikasi, dan developer adalah yang melakukan pembangunan dengan cara ekstensifikasi.

Bila disimulasikan dengan proses pertumbuhan, maka konstruksi adalah pertumbuhan dinamis hingga mencapai bentuk statis, artinya sedikit perubahan bentuk, dan kemudian (developisasi) berkembang dalam segi ukuran yang statis.

Bila disimulasikan dalam klausul kualitas dan kuantitas, maka konstruksi adalah ukuran kualitas dan developisasi adalah ukuran kuantitas.

Lalu dimana runner?

Runner adalah seorang pejalan yang berada dalam tatanan yang telah dikonstruksi dan atau sedang dikembangkan (develop). Dia adalah yang mampu menjalankan sistem yang telah dikonstruksi dan atau sedang didevelopisasi.

Definisi ini menjadi penting, dikala tipikal manusia pekerja yang berada dalam tatanan sistem berusaha dideskripsikan, jangan sampai meletakkan seorang runner dalam sistematisasi proses konstruksi dan developisasi, dan jangan sampai pula meletakkan seorang kontruktor atau developer dalam sistematisasi proses running (menjalankan).

No comments:

Recommended