DAFTAR ISI: tentang saya | being moderat | project5 | galeri | simple view | tanJabok.com

MAN BEHIND ME: muhammad, syekh abbas, afa, tan malaka, m.hatta, m.natsir, dt.ribandang-dt.ketemanggungan, umar bin khatab, ali bin abi thalib, etc...

as MINANG's: it isnt about narsism, every man shouldnt forget who they really are... if they do, they just burried their identity, let this be our opportunities/potentials, not threats... a half man dont know where they stand on...

14 June 2007

bercerita tentang adat

tak perlu bersikeras apakah adat-adat lama masih bersikukuh dengan cakarnya dan mampu mempengaruhi ribuan bahkan jutaan orang yang hidup didalam suatu sistem sosial adat tersebut.

seperti para pakar teknologi yang memberikan teorema-teorema abstract yang hanya menyuguhkan kita bentuk akhir/hasil dari teoremanya. maka bagi seorang penghayal atau mempunyai imajinasi tinggi [IQ red.] dapat menjangkau apakah adat yang lama masih mampu menciptakan satu tatanan nilai yang masih dianggap mampu bersaing dalam kancah global.

seringnya kita berargumen dan memaparkan teori tapi seyakin itukah kita dengan nilai-nilai yang kita usung, tentunya sang pribadi layak menajdi jaminan. harga hidup dan mati, masa depan hingga kemakmuran menjadi pilihan, adakah orang-orang yang benar-benar berhati baja mempertaruhkan hati dan pikirannya hanya untuk merumuskan dan mengoreksi tentang sistem sosial. ada tentunya...!!

pertarungan ideologi selalu diakhiri oleh salah satunya menjadi pengkhianat bagi ideologinya sendiri, atau memilih berkabung atas matinya perjuangan. tapi tak cukup mudah juga menyatakan "mine in yours". semua itu bisa dilihat kompleksitas aksara dan range pemikrian menjadikan salah satu pemikiran menjadi bagian detail dari pemikiran lainnya, karena tidak selalu ada absolutisme dalam sebuah pemikiran selayaknya sebuah kata disusun oleh berbagai huruf.

peradaban perlu menilai dan menemukan orang-orang yang menjadi penuntun mereka menciptakan peradaban yang baru, karena peradaban selalu disusun sebagai sebuah sistem yang stabil, mengenerasikan diri untuk mengimbangi chaos yang setiap kali muncul seperti letupan-letupan kecil diseluruh permukaannya.

karena dalam setiap zaman mencatat, orang-orang tersebut hilang dan tersapu oleh lajunya waktu, sedangkan kita tak sanggup melihat dalam satu kedipan.

No comments:

Recommended